Perbedaan Antara Kartu Kredit dan VCC "Virtual Credit Card"

Tahukah anda apa perbedaan kartu kredit dan vcc? Keduanya memiliki nama yang hampir sama yaitu kartu kredit dan virtual kartu kredit. Dari namanya saja kita sudah bisa menyimpulkan perbedaan antara keduanya. Kartu kredit mungkin sudah familiar terdengar di telinga Anda, atau malah terdengar asing alias tidak terlalu familia? kalau itu terdengar asing, tenang. Kami akan mencoba membahasnya sedikit di bawah ini. Jadi, silangkah disimak penjelasannya.

Pengertian kartu kredit.
Kartu kredit adalah kartu pembayaran yang di keluarkan oleh pihak bank, yang diterbitkan sebagai media/ alat pembayaran yang memungkinkan pembawanya(card holder) untuk membeli barang-barang tanpa menggunakan uang fisik/ uang giral (secara hutang "non-cash").

Sejarah singkat perkembangan kartu kredit.
Kartu kredit pertama kali diterbitkan di United Stated of America (USA) oleh Diners Club pada tahun 1951, untuk 200 (dua ratus) konsumennya, yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran di 27 restauran di kota New York. Pada tahun 1958, American Express, perusahaan perbankan asal USA. Juga "ikut" menerbitkan kartu kredit, yang populer dengan julukan Amex Cards(kartu Amex). Disusul oleh Bank of America (Visa) pada beberapa tahun berikutnya, ikut dalam menyemarakkan perkembangan kartu kredit di dunia.

Akhirnya, pada tahun 1970, pemerintah United of Amerika (USA) menyikapi pesatnya perkembangan kartu kredit ini dengan menetapkan regulasi kebijakan penggunaan kartu kredit, diantaranya penetapan standard strip magnetik (magnetic strip).

Strip magnetik atau Magnetic stripe adalah komponen pada kartu kredit yang memungkinkan untuk menyimpan data pengguna sehingga tidak semua orang dapat menggunakan kartu kredit orang lain. komponen ini biasanya terletak di belakang kartu kredit, membentang horizontal dari kanan sampai kiri atau sebaliknya.

Manfaat kartu kredit bagi kehidupan manusia.
Dalam menjalani kehidupan, kita tidak bisa lepas dengan transaksi keuangan, baik untuk sekedar memenuhi kebutuhan sehari-hari, berbelanja offline (di supermarket) maupun online, membeli kendaraan, maupun kebutuhaan yang lain yang masih berhubungan dengan kegiatan keuangan lainnya. Dalam bertransaksi terkadang kita kerepotan bila harus membawa banyak, sejumlah besar uang cash, itu satu diantara banyak alasan digunakannya kartu kredit, manfaat kartu kredit yang lainnya akan dijabarkan sebagai berikut:

1. Praktis. Manfaat kartu kredit paling dasar adalah karena kepraktisannya, sehingga kita bisa menghemat storage dompet kita, bahkan tanpa membawa uang cash selembar pun, karena sekarang kita sudah bisa berbelanja dimana pun tanpa menggunakan uang cash dengan kartu kredit, itu tidak terlepas dari semakin merakyatnya kartu kredit itu sendiri, khususnya di indonesia.

2. Tanpa kembalian. Bila kita sering berbelanja di supermarket atau mall, biasanya harga barang sedikit rumit dan menghasilkan kembalian, apabila kita membayar barang tersebut dengan uang cash. Nah, disini manfaat kartu kredit berperan, dengan menggunakan metode pembayaran kartu kredit kita bisa membayar barang sampai satuan harga terkecil dan pastinya tidak akan menghasilkan kembalian.

3. Kartu kredit memudahkan pembayaran di luar negeri. Setiap negara mempunyai mata uangnya masing-masing, jika dengan metode pembayaran uang cash kita harus terlebih dahulu menukarkan uang cash yang kita miliki melalui money exchanger agar bisa diterima diluar negeri. Dengan manfaaat kartu kredit yang satu ini, kita tidak perlu bolak-balik ke money exchanger bahkan kita bisa bertransaksi di luar negeri tanpa mengunjungi money exchanger sekali pun, karena bertransaksi dengan kartu kredit otomatis kurs mata uang akan dikonversi ke dalam mata uang yang dibutuhkan.

Pengertian VCC (Virtual Credit Card).
Vcc adalah kartu kredit yang berbentuk virtual, vcc tidak memiliki bentuk fisik namun hanya data-data kartu kredit saja. Jadi, vcc merupakan kartu kredit yang hanya terdiri dari data-data kartu kredit saja seperti jenis kartu, nomor kartu, expired date, kode keaman(cvv/cvc), tanpa ada bentuk fisik sebagai kartu kredit yang bisa disentuh.

Alasan vcc digunakan.
Kartu kredit Virtual memiliki beragam manfaat sehingga digunakan sampai saat ini diantarannya sebagai berikut:

1. Keamanan. Dengan menggunakan vcc kita tidak harus memberikan data kartu kredit utama kita, karena pada hakekatnya vcc dan kartu kredit utama itu merupakan account yang berbeda.

2. Kenyamanan. Seperti yang sudah dipaparkan diatas bahwa vcc dan kartu kredit merupakan akun yang berbeda sehingga kita bisa merencana masing-masing penggunaannya, sehinggga kita bisa nyaman berbelanja tanpa kebingungan dengan menggunakan satu akun saja.

3. Pengganti kartu kredit. Vcc biasanya digunakan karena tidak memiliki kartu kredit, padahal kita butuh dan mempunyai dana untuk bertrasaksi. Biasanya karena akan bertrasaksi online yang membutuhkan kartu kredit.


Perbedaan kartu kredit dan vcc dari beberapa sudut pandang.
Kegiatan ekonomi tidak bisa lepas dengan transaksi yang melibatkan uang di dalamnya, kartu kredit dan vcc digunakan seseorang untuk bertransaksi dalam kegiatan ekonomi sehari-hari karena dipandang sebagai media transaksi selain uang yang praktis, aman, dan mudah. Lalu, apa perbedaan antara kartu kredit dan vcc?

1. Media. Umumnya kartu kredit menggunakan media kartu plastik untuk menyimpan data-data penggunanya seperti identitas dan detail limit yang dimiliki masing-masing pengguna kartu kredit (card holder). Sedangkan untuk vcc atau kartu kredit virtual, media yang digunakan adalah media digital atau hanya memiliki data-data kartu vcc saja tanpa menggunakan media fisik (kartu plastik).

2. Sumber dana. Kartu kredit menggunakan dana bank (penerbit kartu kredit) bukan dana nasabah secara langsung dan dibatasi oleh "limit", limit kartu kredit adalah batas maximum transaksi yang bisa dilakukan oleh pengguna kartu kredit (card holder). Sedangkan vcc umumnya dana berasal dari saldo nasabah (pengguna) sendiri.

Demikian sekilas tentang Perbedaan antara kartu kredit dan vcc.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Perbedaan Antara Kartu Kredit dan VCC "Virtual Credit Card" "

  1. Perbedaan Antara Kartu Kredit Dan Vcc "Virtual Credit Card" >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Perbedaan Antara Kartu Kredit Dan Vcc "Virtual Credit Card" >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Perbedaan Antara Kartu Kredit Dan Vcc "Virtual Credit Card" >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus

Silakan Komentar dan Saran Yang Sopan